Cara Mencegah Penyakit Diabetes

25 Feb 2016

Cara mencegah diabetes yang benar adalah dengan mengenali sejak dini apa itu diabetes dan penyebab munculnya penyakit diabetes dalam tubuh. Jadi apa itu diabetes? Diabetes adalah penyakit yang muncul dari pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini muncul dengan ditandai naiknya kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh, disertai dengan gejala gejala fisik berupa: sering kencing , selalu merasa haus, selalu merasa lapar, dan tubuh terasa lemas. Namun untuk memastikan seseorang terkena diabetes harus melalui tes gula darah. Seseorang bisa mengidap diabetes karena kadar gula darah dalam tubuh tidak sesuai dengan jumlah hormon insulin yang dibuat oleh pankreas dalam tubuh. Hormon insulin ini berfungsi untuk merubah gula darah menjadi energi yang digunakan oleh tubuh. Bila kadar gula darah terlalu tinggi hormon insulin tidak dapat merubah semua glukosa menjadi energi, sehingga glukosa yang tidak terkonversi akan ikut terbawa mengalir dengan darah, inilah yang bisa mengakibatkan diabetes.

Diabetes terbagi menjadi dua jenis, yang terbagi berdasarkan penyebabnya. Yang pertama, dinamakan Diabetes tipe 1. Diabetes jenis ini merupakan jenis diabetes yang diderita oleh setidaknya 10% penderita diabetes di Dunia. Penyebabnya karena rusaknya autoimun sel beta pada pancreas yang berfungsi untuk menghasilkan hormone insulin. Karenanya, jumlah hormone insulin tidak memenuhi kapasitas untuk mengkonversikan gula darah menjadi energi. Diabetes jenis ini biasanya juga terjadi karena faktor keturunan, jika seseorang pernah mengalami diabetes, maka kemungkinan keturunannyapun akan mengalami diabetes.

Dan yang kedua dinamakan Diabetes tipe 2, ini merupakan diabetes yang paling banyak diderita oleh para penderita diabetes. Diabets ini bukan disebabkan oleh rusaknya autoimun sel beta pada pankreas, ataupun karena faktor keturunan. Diabetes jenis ini lebih dikarenakan pola hidup seseorang yang tidak sehat. Konsumsi gula berlebih, obesitas dan jarang berolahraga membuat tubuh tidak bisa memaksimalkan fungsi insulin didalam tubuh, tak heran  dengan mudah menyerang.

Itulah sedikit pengertian diabetes dan penyebabnya. Ingat, mengenalinya sejak dini merupakan cara mencegah diabetes yang paling ampuh. Karena itu tetaplah menjaga tubuh kita dengan pola hidup sehat, berolahraga, dan kurangi konsumsi gula berlebih. Bila perlu gunakan gula rendah kalori dan rendah gula tropicana agar asupan gula didalam tubuh tetap terjaga dan tidak berlebih.


TAGS cara mencegah diabetes cara mencegah diabetes yang paling ampuh


-

Author

Follow Me