Cara sederhana mencegah diabetes sejak dini

25 Feb 2016

Penyakit diabetes atau kencing manis ini adalah penyakit yang sangat kronis pada zaman modern seperti ini. Dibutuhkan kewaspadaan terhadap penyakit diabetes ini yang kapan saja dapat menyerang anda. Sebenarnya ada cara sederhana mencegah diabetes yang dapat dilakukan, yaitu degan menerapkan pola hidup sehat dan tidak memakan makanan sembarangan atau yang tidak sehat.

diabetes

Berikut adalah cara sederhana mencegah diabetes yang dapat diterapkan.

  • Mengurangi makanan berlemak

Meningkatnya glukosa atau kadar gula di dalam darah dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Oleh sebab itu anda harus menghindar makanan berlemak yang anda konsumsi yang biasaya terdapat pada makanan seperti junk food, jerohan, gorengan dan lain – lain.

  • Mengurangi porsi makan

Kenaikan berat badan seringkali dipicu oleh porsi makan yang terlalu banyak. Berat badan yang berlebih dapat memicu timbulnya penyakit gula darah. Dan bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit diabetes maka anda harus midak mengurangi porsi makan yang berlebihan agar tidak memiliki berat badan berlebih sebagai pemicu penyakit diabetes.

  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis sangat banyak mengandung gula yang mengakibatkan penyakit diabetes. Untuk itu perlunya anda untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis agar terhindar dari penyakit diabetes. Apabila anda ingin mengkonsumsi makanan dan minuman manis anda dapat mengganti gula biasa yang anda gunakan dengan tropicana yang rendah kalori yang aman dikonsumsi dan tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat.

  • Istirahat yang cukup

Cara sederhana mencegah diabetes dapat dilakukan dnegan istirahat yang cukup. Dengan istirahat 8 jam dalam setiap harinya maka anda telah melakukan pencegahan dari penyakit diabetes. Karena dengan istirahat yang cukup seperti tidur akan membuat hormon kirtosol semakin berkurang dan hormon insulin akan diproduski secara optimal.

  • Sarapan pagi

Menurut penelitian seseorang yang sering atau bahkan rutin untuk sarapa pagi akan memiliki kadar gula darah yang rendah. Maka dari itu dengan sarapan pagi secara rutin anda dapat mengurangi risiko untuk terkena penyakit diabetes.


TAGS diabetes


-

Author

Follow Me