Pola Hidup Sehat Dengan Mengontrol Kalori Makanan

11 Mar 2016

Pola hidup teratur sekarang ini sudah menjadi lifestyle yang umum bagi masyarakat, alasan mendambakan tubul ideal tak jarang yang menjadi dasar perilaku tersebut. Dalam pola hidup teratur ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat, salah satunya ialah kalori makanan. Kalori dalam suatu makanan adalah zat yang terdapat pada setiap makanan yang apabila masuk ke dalam tubuh kita akan dirubah menjadi energi. Besaran kandungan gizi dari setiap makanan seperti karbohidrat, protein, dan lemak akan mempengaruhi jumlah dari kalori itu sendiri. Kalori yang dikonsumsi berlebihan akan tertimbun dalam tubuh dalam bentuk lemak jika kita tidak berolah raga.

Ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah kalori makanan yang masuk ke tubuh kita salah satu caranya adalah mengganti pola makan. Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, setiap hari kurang afdol rasanya bila kita tidak memakan nasi, namun terlepas dari itu ternyata jumlah asupan kalori nasi putih dari setiap 100 gramnya adalah 175 kalori. Kita dapat mengurangi jumlah kalori dari makanan pokok berupa nasi dengan mengganti jenis nasinya. Nasi merah atau beras merah ialah beras yang tidak digiling atau bisa disebut pula berbutir utuh, jumlah asupan kalori nasi merah dari setiap 100 gramnya hanya mengandung 110 kalori yang dimana jumlah kalorinya lebih rendah 40% dari pada nasi putih. Dengan mengganti pola makan sehari-hari kita dari nasi putih menjadi nasi merah, akan membantu kita dalam mencegah kegemukan.

Selain mengubah pola makan dari makanan pokok kita, gula adalah salah satu bahan makanan yang sulit kita hindari untuk dikonsumsi dari makanan sehari-hari. Mengkonsumsi gula biasa setiap hari akan meningkatkan potensi kita dari kegemukan, karena kalori makanan yang terkandung dalam gula biasa cukup tinggi, Namun tidak perlu khawatir, sekarang kita bisa mengubah kebiasaan kita untuk mengkonsumsi gula biasa ke Tropicana, yang merupakan gula yang rendah kalori dan cocok dikonsumsi semua usia muda hingga tua.

Baca juga : 


TAGS kalori makanan kalori untuk makanan


-

Author

Follow Me